Nama Sekolah :
SMP/Mts
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VII/1
Aspek :
menyimak
StandarKompetensi :
5.
Mengapresiasi pantun yang dibaca
Kompetensi Dasar :
5.1
memahami amanat yang terdapat dalam pantun
Indikator : Mampu
menentukan amanat yang terkandung dalam pantun
Alokasi Waktu :
1X 20 menit
1.
Tujuan pembelajaran
Setelah Setelah
membaca pantun, siswa dapat menentukan amanat yang terkandung dalam pantun dengan jujur dan
bertanggungjawab menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
2.
Materi Pembelajaran
Teks
pantun
3.
Metode Pembelajaran
Tanya jawab,
inkuiri, diskusi, penugasan
4.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Pendahuluan
a.
Mengucapkan salam
b.
Mengecek kehadiran siswa
c.
Menginformasikan standar kompetensi,
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran
d.
Bertanya jawab dengan siswa tentang
hal-hal yang berkaitan dengan pantun
B.
Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
a.
Menjelaskan secara singkat pengertian
dan amanat yang dimaksud dalam pantun
b.
Memberikan contoh pantun
c.
Bertanya jawab kepada siswa tentang amanat yang terdapat dalam pantun yg diberikan
sebelumnya
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a.
Meminta peserta didik membuat kelompok
kecil yang terdiri dari 3 orang
b.
Meminta siswa membaca dan mendiskusikan
materi yang telah disiapkan oleh guru
c.
Meminta perwakilan kelompok untuk
membacakan hasil diskusinya di depan kelas mengenai amanat yang terkandung
dalam pantun
d.
Meminta kelompok lain untuk memberikan
tanggapan
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
a.
Memberikan
penjelasan bagaimana menentukan amanat
yang terkandung pada sebuah pantun.
b.
Memberi
kesempatan kepada siswa untuk bertanya terkait materi yang dipelajari.
C.
Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru:
a.
Bersama-sama peserta didik menyimpulkan
materi yang dipelajari
b.
Menginformasikan kegiatan pembelajaran
berikutnya
5.
Sumber Belajar
Power point,
bahan ajar
6.
Penilaian
Rubrik
penilaian
No.
|
Aspek
yang dinilai
|
Skor
|
Perolehan
skor
|
1.
|
Keseriusan siswa dalam proses pembelajaran
|
1-5
|
|
2.
|
Keaktifan
siswa dalam berdiskusi
|
1-5
|
|
3
|
Keaktifan
siswa dalam bertanya dan menjawab
pertanyaan
|
1-5
|
Mengetahui ..........................20.......
Kepala........
Guru Mapel
Bahasa Indonesia
( ) ( )
NIP/NIK......... NIP/NIK.........
Tidak ada komentar:
Posting Komentar